Tim Dosen dari Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) yang diketuai Nurkholis ST, M.Eng., bersama dua rekannya, Sopyan Ali Rohman ST, M.Eng dan Abdul Salam SE MM mengembangkan teknologi bioreaktor untuk meningkatkan produktivitas dan mutu masin di Desa Bunga Eja Kecamatan Empang. Desa ini merupakan salah satu sentra usaha masin di Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang berlangsung berlangsung selama dua hari, 9—10 Agustus 2020 di ruang workshop CV. OMG Sumbawa ini dihadiri perwakilan kelompok ibu-ibu pengusaha masin dan Direktur CV. OMG. Acara terbagi dalam dua sesi yaitu pengenalan tentang teknologi bioreaktor yang disampaikan oleh Sopyan Ali Rohman, S.T., M.Eng. dan pelatihan manajemen usaha oleh Abdul Salam, SE., MM. Program ini merupakan hibah yang didanai oleh Kementerian Riset Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Tahun Anggaran 2020 melalui skema Program Kemitraan Masyarakat (PKM).


Ketua Tim, Nurkholis S.T, M.Eng. mengatakan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan solusi bagi masalah yang dihadapi oleh pengusaha masin. Selama ini, pembuatan masin dilakukan secara tradisional sehingga standar mutu dan kapasitas produksi belum optimal. Dengan menggunakan teknologi bioreaktor ini, produksi masin bisa menjadi lebih singkat dan bisa meminimalisir terjadinya kontaminasi jamur atau bakteri. Selain itu, melalui program ini juga dilakukan pemberdayaan kelompok usaha CV. OMG dengan memberikan pelatihan manajemen usaha.

Sementara itu salah satu peserta pelatihan menyambut baik kegiatan ini dan berharap teknologi bioreaktor dapat mendukung peningkatan omzet penjualan masin sehingga efek dominonya mampu meningkatkan kesejahteraan UMKM di Empang. Mereka juga berharap kedepannya program-program semacam ini selalu ada untuk mendukung potensi usaha lokal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *