Sejarah Fakultas Teknologi Pertanian

SEJARAH FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN
UNIVERSITAS TEKNOLOGI SUMBAWA

 

Fakultas teknologi pertanian (FATETA) berdiri pada tanggal 14 maret 2013 bertepatan dengan berdirinya Kampus Universitas Teknologi Sumbawa dengan dua program studi yaitu S1 Teknologi Hasil Pertanian Dan S1 teknologi industri pertanian. pada awal pendirian, tentunya banyak sekali kendala yang di hadapi oleh pihak kampus maupun pihak fakultas. Baik dari segi SDM, tenaga pengajar/ Dosen, Tata Usaha, Tempat/ruang kelas, laboraturium dan lain-lain. Pada awal pendirian, hanya terdiri dari 3-4 tenaga pendidik untuk fakultas teknologi pertanian, baik itu dosen tetap maupun dosen tidak tetap. Seiring berjalannya waktu, Dekan FATETA mulai merekrut Dosen-dosen dari daerah sumbawa maupun luar sumbawa.
Mahasiswa angkatan pertama pada tahun 2013 berjumlah sekitar 40 mahasiswa, masing-masing untuk prodi THP 20 mahasiswa dan prodi TIP 20 mahasiswa.lokasi utama fakultas teknologi pertanian yaitu di gedung BRI dengan dua bangunan untuk prodi THP dan TIP. pada tahun 2014 sampai 2016 ruang belajar mahasiswa fateta pindah ke gedung fakultas ekonomi, berdampingan dengan fakultas ekonomi dan bisnis. Dan pada tahun 2017 hingga saat ini, FATETA sudah mempunyai gedung sendiri.
Dari awal pendirian fakultas teknologi pertanian,struktur organisasi kepengurusannya sudah sangat stabil, sehingga tidak banyak pergantian Dekan. Dekan pertama Fakultas Teknologi Pertanian yaitu bapak Kiki Yulianto, S. TP.,M.P. dengan masa jabatan 3 tahun, selanjutnya pak Kiki Yulianto di gantikan dengan bapak DRH.Samuyus Nealma, M. VET. dengan masa jabatan 3 tahun. di awal tahun 2020, Beliau di ganti oleh bapak Haryandi, S. T., M. ENG. Hingga sekarang. Saat ini dosen fakultas teknologi pertanian,(FATETA) memiliki 10 tenaga pengajar atau Dosen, dengan 5 Dosen untuk prodi THP dan 5 Dosen untuk prodi TIP. Dosen-dosen tersebut yaitu:
1. Haryadi, S.T., M.Eng (Dekan FATETA)
2. Mega Trishuta Pathiassana, S.E., M.P (wakil Dekan FATETA)
3. Chairul Anam Afgani S.TP., M.P (Ketua program studi THP )
4. Nurkholis,S. T., M.Eng (ketua program studi TIP)
5. Muhammad Alhajj Dzulfikri S.Pi., M.P (Sekretaris program studi THP)
6. Tomy Dwi Cahyono S. Kom., MM
7. Ilhana Naifana S.TP., M.P
8. Drh. Samuyus Nealma, M. Vet
9. Veni Rori Setiawan M.pd
10. Lukman Azis S.TP., M. Sc.